Wednesday, November 7, 2012

Berat Badan

Berat Badan



Turunin berat Badan??? ada tipsnya nih...
Apa yang ada di tulisan kali ini mungkin akan sulit agan percayai termasuk bagi mereka yang mempunyai latar belakang di bidang kesehatan. Yap, agan bisa menurunkan berat badan saat agan tertidur pulas. Percaya atau tidak semuanya terserah agan.

Para ahli di bidang kedokteran sejak jaman dahulu percaya bahwa beberapa hormon mulai bekerja saat agan tidur. Dua diantaranya adalah leptin dan ghrelin. Kedua hormon ini bertanggung jawab dalam membangkitkan selera makan. Pernahkah agan merasakan kehilangan nafsu makan setelah malam sebelumnya agan begadang? Kedua Hormon inilah yang menjadi biang keroknya.

Leptin

Ghrelin
Ghrelin merangsang selera makan agan sehingga membuat agan merasa lapar, sementara leptin bertugas mengirimkan sinyal ke otak saat perut agan kenyang. Jadi, satunya membuat agan merasa lapar sementara yang lainnya membuat agan merasa kenyang.

Lalu bagaimana hubungan kedua hormon ini? Kekurangan tidur akan menurunkan kadar leptin sehingga membuat agan tidak merasa kenyang meskipun agan sudah cukup makan. Tidur yang tidak cukup juga akan menyebabkan kadar ghrelin meningkat sehingga selera makan agan dirangsang hal ini akan menyebabkan agan selalu merasa lapar dan keadaan ini sudah tentu tidak bagus untuk program penurunan berat badan. Kesimpulannya, bila agan kekurangan tidur maka secara tidak langsung berat badan agan akan meningkat.

Beberapa penelitian menunjukan hasil yang sama yaitu pada orang yang tidak tidur dengan semestinya, kadar leptinnya akan menurun sementara kadar ghrelin akan meningkat. Selera makan orang ini meningkat secara signifikan. Minatnya terhadap karbohidrat dan makanan yang berkalori tinggi juga meningkat hampir 45%.

Jadi, bila saat ini agan sedang menjalani program penurunan berat badan, selain agan mengatur konsumsi diet dan olah raga, agan juga harus cukup tidur. Delapan sampai sembilan jam sehari sudah cukup.

Tidur tidak hanya mengembalikan kondisi tubuh agan tetapi juga membantu anda menurunkan berat badan, pembentukan otot, perbaikan jaringan tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Jadi bila agan sudah bosan membaca tulisan ini, silakan tidur…

klo mau tambah manjur, ada beberapa tips diet nih:
* Pada saat sarapan kalau bisa pilih menu makanan yang tinggi seratnya ditambah minuman jus jeruk
* Kalau suka minum teh, mendingan minum teh hijau setiap hari dimana dapat membantu membakar sekitar 70 kalori lebih dalam sehari
* Kalau suka minum susu, sebaiknya jangan pilih yang fullcream. Silahkan konsumsi minuman susu yang rendah lemak
* Perbanyak minum air putih. Banyak orang tidak bisa membedakan rasa lapar dan haus. Saat mengira merasa lapar (padahal, sebenarnya haus), agan akan mengkonsumsi makanan (yang sebetulnya tidak perlu agan konsumsi) lalu, bagaimana cara membedakannya? Minum segelas air dan tunggu hingga 10 menit untuk mengetahui apakah agan masih lapar. Jika ya, berarti agan memang lapar.
* Makan dengan cara perlahan. Mengapa orang Amerika lebih rentan terkena obesitas daripada orang Prancis? jawabannya, bukan saja karena porsi makan orang Amerika lebih banyak, tetapi juga karena orang Prancis sangat menikmati makanan mereka dalam setiap kunyahan, sehingga cenderung makan secara perlahan. Hal ini menyebabkan perut akan lebih cepal terasa kenyang yang pada akhirnya turut membantu menekan selera dan porsi makan. Bagi agan yang belum terbiasa, coba trik ini: letakkan sendok atau garpu saat agan sedang mengunyah, minum air mineral setiap selesai mengunyah, dan kunyah makanan beberapa kali sebelum menelannya.
* Gunakan piring yang lebih kecil. Kebiasaan di negara kita adalah menghabiskan makanan yang tersaji di piring, berapa pun jumlah kalori makanan dan ukuran piring tersebut. Untuk menyiasatinya, gunakan piring yang berukuran lebih kecil. agan akan merasa kenyang dengan makan lebih sedikit.
* Batasi karbohidrat. Makanan tinggi protein, misalnya ikan, merupakan pilihan makan malam terbaik untuk mengkontrol bobot tubuh. Ini karena protein membuat Anda kenyang lebih lama. Jika agan ingin mengkonsumsi karbohidrat, hindari yang sederhana, karena lebih cenderung disimpan sebagai lemak ketimbang digunakan sebagai energi.

Mungkin itu aja tips sederhana mengenai diet sehat agan. Moga tips diet ini bisa dengan cepat dapat membuat agan langsing dan menjadi lebih pede dengan turunnya berat badan.

No comments:

Post a Comment